Minggu, 17 Februari 2013

Tips Merawat Komputer yang Sederhana

Tidak diragukan lagi bahwa anda semua memiliki perangkat elektronik yang bernama komputer di rumah anda. Komputer sudah menjadi barang wajib yang harus ada di setiap rumah. Komputer adalah barang yang sangat berguna untuk melakukan banyak pekerjaan seperti pekerjaan kantor sampai dengan hiburan. Tidak hanya menonton film atau video, tapi komputer juga sering digunakan untuk bermain game. Namun sadarkah anda jika semakin lama dinyalakan kemampuan komputer akan semakin lama semakin menurun?
Tips merawat komputer
Biasanya komputer digunakan secara aktif oleh orang-orang kebanyakan lebih dari dua belas jam. Atau bahkan ada juga yang selama berhari-hari tidak dimatikan. Hal ini tentu saja menjadi salah satu pemicu cepat rusaknya komputer anda. Jika komputer anda rusak mau tidak mau harus mengeluarkan biaya untuk membetulkannya. Bahkan jika kerusakannya sudah fatal anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Untuk itulah sebaiknya kita tahu beberapa tips merawat komputer yang sederhana di bawah ini.
1. Menjaga kebersihan komputer
Hal pertama yang harus dicatat dalam tips merawat komputer yang sederhana adalah dengan membersihkannya sesering mungkin. Bersihkan semua bagiannya, seperti casing, monitor, keyboard, mouse, motherboard, power supply, dan lain-lain. Untuk bagian luarnya, anda bisa menggunakan cariran khusus yang sudah terpercaya. Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan mereka yang sudah ahli, sedangkan untuk bagian dalamnya anda bisa menggunakan kuas.
Membersihkan Komputer dengan teratur
Hal kedua yang juga penting dalam tips merawat komputer yang sederhana adalah untuk menghindari makan saat sedang menggunakan komputer. Walaupun anda yakin bahwa anda sudah makan dengan rapi, namun tetap saja remah-remah makanan dan juga abu rokok akan menempel pada komponen komputer sehingga membuat lebih mudah rusak. Hindarilah kebiasaan ini agar komputer anda tetap terjaga kebersihannya.
2. Lepaskan perangkat yang tidak terpakai lagi
Biasanya hal ini sering anda lupakan karena sedang terburu-buru atau bahkan ada beberapa yang malas karena merasa barang-barang tersebut akan sering digunakan jadi untuk apa repot-repot dilepas. Namun bagi anda yang ingin tips merawat komputer yang sederhana, anda harus selalu mengeluarkan CD/DVD dari CD/DVD drive agar komputer anda tidak selalu mengecek isi dari CD/DVD tersebut sehingga CD/DVD drive anda akan bertahan lama atau tetap awet. Lakukan juga hal yang sama dengan flashdisk atau hardisk.
3. Jauhkan dari binatang-binatang seperti cicak, kecoa, atau semut
Nah binatang-binatang ini sangat berbahaya jika sampai masuk ke dalam CPU anda. Begitu juga dengan anda yang memiliki laptop, jangan sampai semut-semut tersebut masuk ke dalam daerah keyboard anda karena mereka bisa masuk mesin dan merusak perangkat dalam komputer anda. Bisa jadi CPU yang dimasuki oleh cicak atau kecoa menyebabkan terbakarnya power supply anda. Jadi tips merawat komputer yang sederhana ini tolong lebih diperhatikan.
4. Jaga suhu komputer
Perhatian bagi anda yang sering menggunakan komputer dalam waktu yang lama. Pastikan suhu CPU komputer anda selalu dalam keadaan dingin, terutama processornya. Sangat disarankan untuk menambahkan kipas pendingin atau bisa juga dengan collong fan dan blower untuk menjaga kestabilan suhu processor anda. Jika perlu anda bisa juga memasang program atau software yang bisa membantu untuk mendinginkan processor. Sedangkan untuk monitor anda, lakukan dengan mengatur setting pada screen saver dan power saving.
Itulah beberapa tips merawat komputer yang sederhana yang dapat anda lakukan untuk menghindari kerusakan. Rajin-rajinlah merawat komputer anda agar tidak cepat rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar