Minggu, 03 Februari 2013

Beranda RSS T.O.S Mobile Hosting Gratis PES Update Open Office - Aplikasi Office Gratis


Open Office adalah aplikasi produktifitas yang mirip dengan Microsoft Office, aplikasi Open Office ini bisa di bilang sebagai aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office jika anda tidak ingin mengeluarkan Biaya tambahan untuk membeli Office Software pada PC atau Laptop.



Aplikasi Open Office ini dibuat oleh Apache dan Oracle (JAVA), di dalam paket Open Office ini terdapat banyak software di antaranya Text Document, Drawing, Spreadsheet, Presentation, Formula dan Database dimana semua aplikasi ini bisa anda gunakan secara gratis dan mudah.


Jika di lihat dari tampilan aplikasi Open Office ini hampir mirip dengan Microsoft Office 2003, meskipun dalam shortcutnya terdapat beberapa perbedaan, lalu manakah yang lebih baik Microsoft Office atau Open Office ?

sebelum kita membandingkan 2 hal tersebut sebaiknya anda simak dulu beberapa aplikasi dan fitur yang terdapat dalam Open Office, Diantaranya :

1. Text Document

Sesuai dengan namanya aplikasi Text Document ini bertugas membantu pengguna mengelola teks, atau bisa dibilang bahwa aplikasi ini mirip dengan Microsoft Office Word 2003.

Meskipun tampilanya mirip dengan word 2003 pada microsoft office, sebenarnya memiliki perbedaan terutama pada shortcut, dari fitur dan menu yang di berikan, aplikasi Text document ini hampir sama dengan Microsoft Word, untuk format file dokumen yang di hasilkan beragam yaitu .ODT (Open Office Document Text), .OTT (template), .SXW, .STW, .DOC, .RTF, .HTML dan .XML.

2. Calc Spreadsheet

Aplikasi spreadsheet yang di gunakan untuk menghitung dalam kumpulan suatu tabel adalah aplikasi berikutnya yang dimiliki Open Office, Calc Spreadsheet ini adalah aplikasi sainganya Microsoft Excel, saat Mr. Iso mencoba menggunakan aplikasi Calc Spreadsheet ini rasanya hampir sama dengan excel, anda hanya cukup sedikit penyesuaian tampilan saja jika ingin menggunakan aplikasi Calc Spreadsheet.

File tipe yang di hasilkan pun beragam, bahkan anda bisa menyimpan dokumen spreadsheet anda ke format Microsoft Excel 2003 (.xls).

3. Impress Presentation

Membuat Slide Show untuk sebuah presentasi anda tidak perlu lagi menggunakan Microsoft Office Power Point, karena salah satu aplikasi dari Open Office yaitu Impress Presentation bisa melakukan tugas tersebut sama baiknya dengan Power Point, template yang di sediakan pun lebih banyak daripada Power Point apalagi anda bisa mendownload lebih banyak lagi template di website resmi Open Office.

Selain 3 aplikasi diatas ada juga aplikasi dari Open Office ini yaitu Drawing (Membuat grafik atau gambar), Formula (membuat formula atau rumus matematika), dan database (membuat file database mirip dengan Microsoft Access).

Kelebihan Open Office

- aplikasi ini gratis
- open source (untuk developer)
- mirip dengan Microsoft Office 2003 lama tapi dengan kemampuan yang baru.
- mendukung banyak format file, bahkan file Microsoft Office sekalipun (.doc, .xls, .ppt)
- bisa di jalankan di banyak OS (Windows, Linux dan Mac OS)

Download Aplikasi Open Office Terbaru

Untuk mendownload aplikasi Open Office terbaru dan informasi lanjut silahkan kunjungi website resmi Open Office di www.openoffice.org atau download langsung Disini, dimana anda bisa memilih tipe OS atau bisa mendownload Source code Open Office.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar