Minggu, 03 Februari 2013

Cara Merawat Harddisk

gambar hardisk
Cara Merawat Harddisk pada komputer sebenarnya tidak terlalu sulit, sayangnya banyak sekali pengguna komputer yang jarang melakukan perawatan pada hardisknya sendiri padahal hardisk merupakan salah satu komponen penting pada komputer yang dapat mudah rusak.
Hardisk sebenarnya bekerja layaknya sebuah piringan disk seperti DVD atau CD yang bernama magnetic disk.
Meskipun magnetic disk cukup keras tapi magnetic disk rentan sekali terhadap goresan dimana jika terjadi goresan dalam disk akan terjadi kerusakan yang lebih di kenal sebagai Bad sector.
Bad sector sendiri adalah musuh utama atau langkah awal hardisk menuju kerusakan, bad sector bersifat permanen dan tidak bisa di perbaiki, jadi perlunya dan pentingnya merawat hardisk bagi anda khususnya pembaca yang mempunyai PC atau Laptop memang harus di perhatikan.
Lalu Bagaimana Cara Merawat harddisk ?
Tidak sulit kawan, Berikut Mr. Iso akan memberikan sedikit tips atau Cara Merawat Harddisk pada komputer :
1. Hapuslah file yang sudah tidak anda butuhkan dalam komputer
Kebiasaan malas para pengguna komputer termasuk saya sendiri dulunya sering menyimpan segala file yang nyatanya sudah tidak perlu di gunakan, sebaiknya kali ini anda coba hapus file-file tersebut karena semakin banyak file dalam hardisk semakin lama pula proses pembacaan data dalam hardisk.
2. Jangan lupa Defrag hardisk anda secara berkala
Defrag pada hardisk ini bertujuan menggabungkan alamat-alamat file pada hardisk agar file tersebut lebih cepat dibaca oleh hardisk, file yang mengalami bad location biasaanya akan mempengaruhi kinerja pada pembacaan file tersebut dan hardisk itu sendiri.
3. Instal aplikasi yang bisa merawat hardisk anda
Banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu anda memonitori penggunaan memori pada hardisk diantaranya Tune Up, Ccleaner dll.
4. Biasakan matikan komputer sesuai prosedur
Biasanya ketika pengguna komputer terlalu malas menunggu proses Shuting Down pada PC selalu mencabut langsuk koneksi listrik agar lebih cepat mati, padahal hal tersebut selain bisa merusak Sistem Operasi juga bisa mengakibatkan bad sector pada hardisk, ini karena pada saat dipaksakan mati, lokasi titik pembacaan disk dipaksa ke titik 0 dimana proses pemaksaan ini biasa yang menimbulkan goresan pada hardisk yang akan menyebabkan bad sector.
Nah itulah beberapa Cara merawat harddisk yang sebenarnya tidak terlalu sulit, daripada anda harus menyesal dan membeli hardisk baru yang cukup mahal, jadi lebih baik rawatlah hardisk anda mulai dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar