Kamis, 10 Januari 2013

Tips Membeli Laptop

 
Di era informasi ini, tak dapat dipungkiri lagi bahwa media teknologi semakin berkembang pesat dalam setiap aspek kehidupan masyarakat. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi tersebut, berimbas pula pada kebutuhan masyarakat terutama kalangan pelajar terhadap media teknologi komputer. Komputerpun dibedakan menjadi 2 yakni, PC dan laptop. Kepahaman masyarakat mengenai fungsi fleksibilitas laptop yang mampu dibawa kemana-mana membuatnya menjadi pilihan utama masyarakat, terlebih harga laptop yang semakin relatif terjangkau dan memiliki bermacam-macam varian. Namun disisi lain, persaingan produsen laptop yang semakin ketat, membuat kualitas produk laptop yang dihasilkan semakin menurun guna menutup biaya operasional pembuatannya. Akibatnya kita sebagai konsumen dituntut untuk lebih teliti dalam memilih produk laptop yang ada dipasaran saat ini. Berikut ini adalah tips dari saya agar dapat tepat memilih laptop yang baik :
1. Pastikan sebelum membeli laptop, anda telah memiliki referensi terpercaya mengenai laptop yang sesuai dengan budget anda. Hal ini dapat dilakukan degan cara browsing terlebih dahulu atau meminta saran dengan ahlinya.
2.  Beli laptop sesuai dengan kebutuhan. Apakah akan digunakan untuk mobile, mendevelop sistem, atau desain dan game?
a. Jika digunakan untuk mendesain dan game maka sebaiknya membeli laptop dengan spesifikasi VGA yang baik dengan teknologi multi-core.
b. Untuk developing sistem, sebaiknya pilih laptop dengan kapasitas RAM dan Memory yang tinggi agar tidak terkesan lambat dalam prosesnya, serta jangan lupa memilih teknologi multi-core agar mampu mengimbangi perkembangan perangkat lunak dan developing tools yang semakin berkembang pesat di era persaingan global ini.
c. Apabila laptop digunakan untuk mobile maka anda bisa menitikberatkan pilihan pada umur baterai,berat laptop, besar layar, serta beberapa fitur internal konektivitas.
3. Pertimbangkan layanan purna jual juga saat membeli laptop,seperti : layanan garansinya, tempat servis resmi, dan kemudahan mendapatkan sparepartapabila terjadi suatu kerusakan.
Semoga tulisan ini dapat berguna bagi semuanya dan membantu pembaca untuk dijadikan referensi yang ingin membeli laptop dalam waktu dekat ini. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar