Kamis, 07 Maret 2013

Mengatasi Panasnya Prosessor Komputer Yang Berlebihan

Panasnya prosessor komputer merupakan masalah umum yang sering terjadi pada kerusakan hardware komputer, apalagi komputer yang sudah dipakai dalam kurun waktu yang lama. Panasnya prosessor yang melebihi batas maksimal dapat berdampak vatal, bisa merusak seluruh Motherboard komputer jika tidak diperbaiki. adapun tanda-tanda dari panasnya prosessor yang berlebihan, diantaranya adalah:
  1. Matinya komputer saat  baru dihidupkan dan biasanya tidak sempat masuk ke OS (Operating system)
  2. Terjadinya hang komputer saat dijalankan
  3. Melambatnya kinerja komputer
  4. Komputer tiba-tiba mati saat dijalankan dengan keadaan normal
Memang secara umum tanda-tanda diatas juga bisa menjadi kerusakan pada sisi lain hardware, contoh pada kasus tanda kedua bisa juga komputer yang dimiliki tidak kuat spesifikasinya untuk program-program yang kita jalankan, atau pada tanda ketiga bisa juga bukan karena hardware tapi malah karena sofware anda yang diserang virus. Namun tanda-tanda itu dapat digunakan untuk menganalisa kerusakan yang terjadi pada hardware prosessor. dimana untuk lebih memperkuat tentang tanda-tanda tersebut anda dapat melakukan pengecekan sebagai berikut:
  1. Cek panas prosessor pada bios dan cek juga normal atau tidaknya perputaran fan prosessor, Apabila panas prosessor terus meningkat dan melebihi batas yang telah disetting berarti benar bahwa prosessor anda panas
  2. Cek panas prosessor pada task manajer  bila menggunakan Windows atau System Monitor pada bila menggunakan linux, Apabila trafiknya melebihi batas dan komputer tidak sedang menjalankan aplikasi-aplikasi apa-apa maka besar kemungkinan prosessor komputer yang panas.
Nah bila sudah yakin komputer memang prosessornya yang panas, dapat ditangulangi dengan trik-trik berikut.
  1. Buka komputer dan tambahkan pasta prosessor, ini sering terjadi dimana pasta prosessor yang terlalu tipis dan kering akan berdampak panasnya prosessor naik hingga diatas normal, oh ya dalam mengganti pasta disarankan pasta yang ditempel jangan terlalu banyak.
  2. Tambahkan fan (kipas) dan arahkan pada prosessor, sehinga akan mendinginkan prosessor walaupun hanya sedikit
  3. Cek fan yang nempel pada prosessor, kalau rusak ganti dengan fan yang benar-benar bagus.
  4. Reset bios dengan memindahkan jumper, hati-hati dengan yang satu ini bila tidak mahir jangan dilakukan.
  5. Reset bios dengan mencopot batrei bios selama 10 detik.
Nah apabila penangganan diatas sudah dilakukan, maka coba hidupkan komputer dan cek panas prosessor pada bios, maka akan secara otomatis panas prosessor akan kembali normal seperti biasanya, dan kinerjanyapun kembali seperti semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar