Minggu, 28 Oktober 2012

Perbedaan PC Branded dengan PC Rakitan

Perbedaan PC Branded dengan PC Rakitan

Setiap kelas bisnis dan individu memiliki tantangan yang sama saat memutuskan pembelian PC sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Usaha untuk memahami kebutuhan setiap pengguna dan menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan sistem yang tepat dan budget yang ada, dapat menjadi hal yang cukup sulit. Berikut ini transiskom akan membahas perbedaan dan keunggulan PC Branded dengan PC Rakitan.


PC Branded
PC Branded adalah seperangkat komputer yang dikemas dalam satu paket merek/brand suatu vendor dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan tipe yang ditentukan oleh vendor tersebut. Brand yang kuat dipandang menjadi jaminan mutu. Yang memiliki anggaran agak longgar cenderung membeli komputer branded alias bermerek terkenal dibandingkan dengan PC rakitan yang belum jelas kualitas dan layanannya.

Keunggulan PC Branded
  1. PC Branded lebih terjamin, khususnya dalam hal spesifikasi komponen hardware. Karena setiap produk akan melalui semacam burning test dan QC. Produk branded memang sebelumnya sudah dirangkai dengan spesifikasi yang melalui test. Kalau membeli PC rakitan, kita tidak tahu apakah komponen yang dirakit menimbulkan konflik atau tidak, apakah performa yang dihasilkan baik atau tidak.
  2. Dengan produk yang sudah well-packed, konsumen tidak perlu lagi pusing soal spesifikasi komputer yang tepat.
  3. PC Branded mempunyai kemudahan dalam hal maintenance, misalnya upgrade dan update driver atau versi BIOS.
  4. Layanan purna jual terjamin. dan garansi pasti ada. PC Branded juga memberikan layanan perbaikan kerusakan, pergantian spare part, layanan konsultasi, dan pengaduan. Misalnya, Compaq memberikan layanan call centre dan fasilitas ask compaq dalam website-nya.
PC Rakitan
PC Rakitan juga dengan julukan PC Jangkrik, yaitu PC yang tidak memiliki brand atau merk hanya dari satu vendor. Konsumen dapat memilih setiap komponen hardware yang akan digunakan pada PC sesuai dengan merk dan tipe sesuai dengan keinginan. Jenis komputer ini biasanya dibeli oleh para konsumen yang sudah mengerti seluk-beluk setiap komponen PC. Apabila tidak mengetahui komponen yang akan dibeli dan digunakan, biasanya produsen atau toko komputer yang berbuat nakal. Mereka menawarkan barang kualitas yang jelek, tetapi dibilang bagus dengan harga yang tidak sesuai.

Keunggulan PC Rakitan
  1. Para pengguna komputer dapat memilih merk dan tupe hardware sesuai dengan keinginan.
  2. Pengguna PC rakitan dapat memodifikasi PC tanpa harus berpatokan pada suatu vendor sehingga lebih fleksibel.
  3. Harga PC rakitan lebih murah dibandingkan dengan PC Branded.
  4. Konsumen yang mempunyai pengetahuan tentang komponen PC akan memperoleh kualitas yang lebih bagus.
Jadi anda mau pilih yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar